Selasa, 04 Desember 2012

sehatnya berolahraga rutin

Kebanyakan orang tahu bahwa olahraga adalah bagian terpenting dari gaya hidup sehat. Olahraga teratur dapat melindungi kesehatan fisik dan metal anda. Hal itu juga mengurangi resiko terkena berbagai penyakit menahun, meningkatnya harapan hidup, serta menaikkan kualitas hidup di masa depan nanti. Dengan kita berolahraga sebagai bagian dari jadwal harian anda, kita akan lebih terasa banyak energi untuk kegiatan harian seperti berbelanja, pekerjaan rumah tangga, mengasuh anak ataupun berkebun.
Penelitian terbaru menunjukkan, meski hanya sebentar waktu yang Anda luangkan untuk berolahraga, ternyata dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan, daripada tidak sama sekali. Hal ini terutama berlaku untuk para wanita.
Manfaat Olahraga Dan Kesehatan
Manfaat olahraga dan kesehatan sangat penting bagi seseorang yang memilih hidup sehat. Olahraga rutin berguna bagi berbagai sistem tubuh, terutama sistem kardiovaskuler, otot dan kerangka, serta pernafasaan. Olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental dengan memberi kesenangan, mengurangi ketegangan, dan menimbulkan fisik yang memperbaiki suasana perasaan anda. Maka dari itu Olahraga bisa membuat tubuh kita sehat.
Pemerintah AS telah menyarankan kepada warganya untuk meluangkan waktu selama 150 menit dalam seminggu untuk berolahraga. Studi menunjukkan, orang-orang yang telah berolahraga namun tidak memenuhi  waktu yang telah direkomendasikan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, dibandingkan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.
Sementara pada orang-orang yang menghabiskan waktu berolahraga selama 300 menit dalam seminggu memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Pada tingkat aktivitas yang lebih tinggi lagi, maka risiko akan menjadi semakin rendah pula.
Menyiapkan Jadwal Olahraga
Menyiapkan jadwal olahraga juga merupakan awal gaya hidup sehat. Dengan adanya jadwal olahraga kita dapat teratur berolahraga dengan baik. Agar bermanfaat, kita harus melakukannya dengan rutin dan sesuai jadwal tersebutSeperti yang disarankan adalah setidaknya 30 menit olahraga ringan, misalnya berjalan cepat, setidaknya 5 hari dalam seminggu. Untuk lebih bugar atau untuk mengurangi berat badan, perlu olahraga lebih berat. Diperlukan aktifitas yang menggerakan jantung dan paru-paru (membangun stamina), menaikkan kelenturan sendi (meningkatkan fleksibilitas), dan meningkatkan kekuatan otot. Bila sebelumnya tidak pernah berolahraga, atau memiliki masalah kesehatan apa pun, konsultasikan ke dokter sebelum memulai jadwal olahraga.
Berolahraga Dengan Aman
Gaya hidup sehat harus berolahraga dengan aman. Untuk mencegah keterlaluan atau cedera, mulailah dengan menetapkan sasaran yang realistik. Bila anda tidak fit atau kurang sehat, mulailah berolahraga dengan lambat dan berangsung meningkat. Jaga jangan samapai terlalu memaksa diri sampai terasa nyeri atau sakit.
Gunakan peralatan yang benar: pelindung, pakaian, maupun sepatu olahraga. Setiap kali berolahraga, mulailah dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan untuk mencegah kejang-otot dan mengurangi resiko cedera. Jenis-jenis urutannya meliputi senam aerobik ringan, misalnya joging lambat, di lanjutkan serangkaian gerakan peregangan otot.
Dua peregangan otot tipikal seperti dibawah ini:
  • Peregangan Pinggul Dan Paha, Berlutut, satu kaki di lantai di depan anda. Dorong pinggul turun dan ke depan untuk meregangakan paha belakang. Ulangi untuk paha yang sebelah.
  • Peregangan Punggung Bawah, Berlutut, duduklah pada tumit. Regangkan lengan diatas kepala, ayunkan kedepan dan letakkan tangan dilantai. Jaga agar lengan, kepala,dan tubuh tetap segaris.
Olahraga Sesuai Umur
Kebanyakan dari seseorang yang ingin hidup sehat, berapa pun usianya bisa memperoleh manfaat dari olahraga tersebut. Selain perbaikan menyeluruh terhadap fleksibilitas, kekuatan dan stamina, olahraga juga memiliki manfaat lain bagi setiap kelompok usia.
Pada anak-anak hal itu membantu membangun tulang dan otot yang kuat, meningkatkan koordinasi, dan juga menimbulkan kesenangan. Pada orang dewasa, olahraga membantu memperkecil resiko penyakit jantung. Pada kaum lansia, hal itu memperlambat proses penuaan, misalnya berkurangnya kepadatan tulang, serta membuat lebih lama tetap giat. Olahraga rutin juga memudahkan perempuan hamil mengatasi kebutuhan kehamilan dan persalinan itu sendiri.
Kegiatan Untuk Anak, untuk anak kegiatan berolahraga yaitu seperti Permainan sepak bola, bisa memperbaiki aspek-aspek fisik seperti kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Permainan seperti itu juga bisa menyenangakan dan memungkinkan seorang anak untuk berkenalan dengan pemain lainnya. Selain sepak bola ada juga permainan bola basket yang baik untuk pertumbuhan tulang ke atas, agar anak menjadi tinggi.
Perempuan Hamil, Selama hamil, berenang ringan juga bisa meregangkan dan melatih otot sambil tubuh ditopang oleh air.
Lanjut Usia, Untuk Kegiatan olahraga lansia atau lanjut usia dapat melakukan kegiatan jalan-jalan. Misalnya, bisa mengurangi efek penuaan dengan menjaga kekuatan tulang dan otot serta fleksibilitas sendi.
Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pemahaman tentang hal ini, dapat dibaca di majalah gratis Sehat Indonesiaku yang akan diterbitkan pada penghujung tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar